}

Kamis, 09 Juni 2011

MENGENAL JURUSAN MATEMATIKA


Bulan ini adalah bulan Juni. Tanggal penting buat gw pada bulan ini adalah tanggal 30 juni 2011, bukan karena ade gw ultah dan gw bisa aja kecipratan hokinya tapi karena tanggal itu adalah pengumuman snmptn dan hal itu adalah langkah awal gw untuk nyambut masa depan gw. Berhubung gw ikut IPC, jadi program study yang gw pilih ada tiga, yaitu kedokteran, mtk, dan ekonomi islam. Awalnya gw ngotot banget mau ambil kedokteran, tapi kalau pun ternyata hasilnya tidak mengatakan demikian, gw siap nerima itu. Sebenernya gw agak bimbang waktu memutuskan untuk mengambil jurusan matematika, karena pandangan gw masih kabur sama prospek jurusan itu. Tapi karena gw suka matematika, alhasil gw ambil itu jurusan. Gw sebenernya udah punya cadangan PNJ (politeknik negri jakarta) jurusan D3 telekomunikasi, jadi gw gak terlalu terbebani nunggu pengumuman. Tapi gw masih penasaran sama jurusan matematika, bagaimana pun kalau gw diterima di matematika gelar gw S1. Dan kalau gw suruh milih D3 atau S1 otomatis gw pilih S1, CUMAN .... prospek telekomunikasi itu bagus banget, apalagi di zaman globalisasi dimana kecanggihan teknologi sedang berkembang dan jurusan telekomunikasi itu jarang banget gak kaya teknik informatika yang di setiap universitas rata-rata memiliki jurusan itu. Tapi itu semua kembali kepada diri masing-masing individu bagaimana cara kita untuk mengembangkan ilmu yang sudah kita dapat.

Kembali ke matematika. Karena gw penasaran sama ini jurusan, gw telusuri terus bersama mbah google. Susah juga cari keyword yang cocok sama apa yang mau gw cari dan terakhir seinget gw, gw menggunakan keyword "Matematika Riset Operasi". Alhasil keluarlah apa yang gw cari, menurut gw artikel ini bagus banget.

Jadi jurusan matematika itu >>>>>

Di tahun-tahun awal perkuliahan, kita akan mempelajari mata kuliah dasar seperti matematika dasar, matematika diskrit, aljabar linier, statistika elementer, dan perkuliahan umum seperti agama, bahasa Indonesia, dan mata kuliah wajib dari Fakultas MIPA seperti fisika, biologi, dan kimia. Ya, kami masih harus mengambil mata kuliah jurusan lain tersebut karena (katanya) kita mahasiswa MIPA harus mengerti tentang ilmu alam lainnya.

Masa-masa yang paling enak adalah ketika kita sudah memasuki tahun ke-3, karena di tahun tersebut kita sudah boleh mengambil mata kuliah pilihan yang sesuai dengan minat kita. Peminatan di Departemen Matematika UI ada 5, yaitu:

  1. Murni
    Matematika murni mempelajari berbagai teori matematika secara mendalam. Menurut saya ini yang paling susah diantara semuanya karena berbagai ilmu matematika murni yang rumit akan dipelajari disini, makanya saya selalu salut kepada teman-teman yang mengambil peminatan murni. Bagi saya mereka sangat hebat.. :D Tapi jangan salah, lulusan murni mempunyai prospek kerja yang bagus seperti yang akan saya jelaskan di bawah.
  2. Statistika
    Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Disini kita akan mempelajari berbagai ilmu statistika yang sangat seru seperti analisis data, teknik sampling, time series, multivariat, dll.
  3. Komputasi
    Kuliah komputasi sangat menarik untuk dipelajari karena disini kita akan belajar bagaimana ilmu matematika diaplikasikan ke dalam bidang komputer. Sejatinya, berbagai ilmu komputer berasal dari ilmu matematika, maka mahasiswa matematika akan mendapatkan keuntungan ketika mengambil kuliah tersebut dalam hal logika komputasi yang sudah terbentuk dengan baik.
  4. Aktuaria
    Bagi yang bercita-cita untuk menjadi aktuaris, maka ini adalah pilihan yang cocok. Aktuaris adalah seorang ahli yang dapat mengaplikasikan ilmu matematika, keuangan, dan teori statistika untuk menyelesaikan persoalan-persoalan bisnis aktual. Salah satu pekerjaannya adalah bagaimana menentukan rate premi asuransi.
  5. Riset operasi
    Riset operasi adalah cabang interdisiplin dari matematika terapan dan sains formal yang menggunakan model-model matematika dan statistika untuk mendapatkan nilai optimal atau nyaris optimal pada sebuah masalah yang kompleks. Riset operasi bertujuan membantu manajemen mendapatkan tujuannya melalui proses ilmiah.

PROSPEK JURUSAN MATEMATIKA


Bidang pekerjaan matematika sangat luas, hampir seluruh ilmu lainnya membutuhkan matematika.

1. Matematikawan dari bidang murni dapat menjadi seorang dosen dan peneliti untuk memecahkan
permasalahan bisnis, pendidikan, dan industri.

2. Statistikawan dapat menjadi seorang peneliti yang menganalisa hasil eksperimen dan survey.

3. Ahli komputer lulusan matematika dapat menjadi pengembang software yang kini merupakan
salah satu bisnis yang sangat prospektif di Indonesia dan dunia.

4. Aktuaris saat ini sangat dibutuhkan dan sangat dicari oleh perusahaan asuransi untuk menghitung premi
dan memaksimumkan keuntungan perusahaan asuransi.

5. Terkahir, ahli riset operasi dapat bekerja membantu manajemen perusahaan untuk mendapatkan
keuntungan maksimal dan risiko minimal melalui proses ilmiah.


CareerCast meniliti tentang 200 pekerjaan terbaik dan terburuk di Amerika tahun 2010 berdasarkan 5 kategori utama, yaitu tingkat pendapatan, prospek pekerjaan, lingkungan kerja, tingkat stress, dan tuntutan fisik. Penelitian tersebut menggunakan data dari Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika, Sensus, dan Studi Asosiasi Dagang. Berikut adalah ranking teratas dari 200 pekerjaan yang diteliti:


Rangking tersebut juga dapat dilihat secara rinci di
Forbes. Dapat dilihat bahwa 5 dari 10 pekerjaan teratas berasal dari jurusan matematika! Pekerjaan tersebut adalah aktuaris, pengembang software, analis sistem komputer, matematikawan, dan statistikawan. Tapi itu kan di Amerika, bagaimana dengan Indonesia?? Jangan salah, banyak lulusan matematika yang bekerja sebagai aktuaris, analis, dan statistikawan di perusahaan asuransi dan bank ternama di Indonesia. Standard gaji mereka pun tidak kalah dengan lulusan dari jurusan lainnya. Sekadar info, misalkan untuk aktuaris, ketika kita sudah mendapatkan gelar FSAI (gelar profesi puncak aktuaria), gaji yang didapatkan bisa mencapai 50-100 juta rupiah. Namun untuk mendapatkan gelar tersebut tidak mudah, dibutuhkan perjuangan yang berat. Mungkin baru ada 100 orang yang seperti itu di Indonesia, makanya gaji yang ditawarkan sangat tinggi.


Itu adalah sebagian dari apa yang gw dapat dari pencarian di google. Sejak membaca artikel ini gw semakin yakin dengan jurusan yang gw pilih dan siap menunggu pengumuman. Apapun hasilnya gw yakin itu yang terbaik buat gw, lagipula gw suka dengan semua jurusan yang gw ambil dan saat gw sudah menentukan pilihan. Gw gak akan main main dengan kesempatan yang Allah kasih ke gw. Gw udah gak bimbang lagi dengan jurusan matematika, dan gw harap kalian juga begitu. So jangan ragu untuk memilih matematika sebagai pilihan prodi kamu !

ohh iya gw dapet bonus dari blog artikel itu >>>>>


Bonus untuk pembaca, terimalah hadiah dari matematika: buka situs
wolframalpha, kemudian masukkan persamaan berikut ke dalam kotak pencarian di sana: x^2 + (y - sqrt(abs(x)))^2 = 1
grafik apakah yang muncul?

sumber : www.amriilmma.blogspot.com

11 komentar:

  1. terima kasih ide yang bagus

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas tulisannya yg bermanfaat. Ehm, nanya dong. sebenernya matematika terapan sama statistika terapan itu seperti apa ya?

    BalasHapus
  3. makasih teteh atas infonya....
    sama surprise nya..... wkwkwkkw

    BalasHapus
  4. makasih teteh atas infonya....
    sama surprise nya..... wkwkwkkw

    BalasHapus
  5. Terimakasih kakak untuk setiap paragrafnya,penuh motivasi dan penyemangat

    BalasHapus
  6. Makasih ka informasinya sangat membantu

    BalasHapus
  7. Saya SMA jurusannya IPS kak, tapi pengen banget kuliah ngambil jurusan Pendidikan Matematika. Kira-kira saya bisa masuk ngga kak ?

    BalasHapus
  8. Terima kasih informasinya kak.. Sangat membantu sekali:) terima kasih juga pengenalan wolframalpha nyaxD

    BalasHapus